Profil

bendera FST UA
Latar Belakang

Fakultas Sains dan Teknologi (fst) Universitas Airlangga merupakan pengembangan dari fakultas MIPA yang telah berdiri sejak 1982 dan memiliki empat program studi , yakni Departemen Matematika mengelola program studi (S1-Matematika, S1-Sistem Informasi dan D3-Sistem Informasi), Departemen Fisika mengelola tiga program studi (S1-Fisika, S1-Tekno Biomedik dan D3-Otomasi Sistem Instrumentasi), Departemen Biologi mengelola tiga program studi (S2-Biologi, S1-Biologi dan S1-Ilmu dan Teknologi Lingkunagan) dan Departemen Kimia mengelola dua program studi (S2-Kimia dan S1-Kimia). Asas pendidikan di fst Unair berorentasi pada ilmu dan teknologi kehayatan dan menunjang perkembangan wilayah regional dan lokal, sedangkan arah pengembangan keilmuannya berorentasi pada relevansi keterpaduan dan keseimbangan antara iptek, humaniora dan seni untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Penyelenggaraan program pendidikan akademik (S2) fst diarahkan untuk meningkatkan kualitas SDM, sedangkan untuk (S1) diarahkan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil dan profesional fst Unair menyelenggarakan pendidikan vokasional (D3). Lulusan fst diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Menguasai dasar-dasar Sains dan Teknologi dengan keahlian tertentu agar mampu berfikir, bersikap, bertindak sebagai sosok ilmuwan, serta menembangkan ilmuan Sains dan Teknologi.
  2. Mengembangkan IPTEK melalui penelitian dasar dan terapan untuk meningkatkan nilai tambah pemanfaatannya.
  3. Menerapkan keilmuan Sains dan Teknologi untuk kegiatan produktif dan pelayanan kebutuhan manusia.

VISI

Menjadi Pemandu dalam pengembangan Sains dan Teknologi serta berperan dalam membina sumber daya manusia untuk mendukung dan berperan dalam perkembangan masyarakat ilmiah yang beradab, bermoral agama dan berwawasan lingkungan.

MISI

  1. Menjadikan fst sebagai sumber daya manusia dan atmosfer yang kompetitif untuk memacu keinginan belajar, berfikir nalitis, kritis dan meneliti dalam bidang sains dan teknologi untuk mendapatkan inovasi/keunggulan yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menguasai, mengembangkan dan menerapkan sains dan teknologi untuk pengembangan masyarakat industri dan peningkatan kesehatan dengan pola pikir, sikap dan tindak tanduk sebagai ilmuwan yang bermoral agama.